Map4NGp5NGB7MGVdMWR7Nax6LTcsynIkynwbzD1c

Syarat Menikah Terbaru, Couples Wajib Tahu!

Agar rencana pernikahan bisa berjalan lancar dan tepat waktu, kamu harus tahu a…

BLANTERLANDINGv101
7991981665104263778

Syarat Menikah Terbaru, Couples Wajib Tahu!

Rabu, 17 Januari 2024

SYARAT MENIKAH TERBARU, COUPLES WAJIB TAHU!

HK TOWER BALLROOM - Agar rencana pernikahan bisa berjalan lancar dan tepat waktu, kamu harus tahu apa saja yang perlu disiapkan, termasuk syarat-syarat menikah. Syarat-syarat bagi pasangan yang ingin menuju pelaminan di tahun 2020 ke depan akan sedikit berbeda dengan sebelumnya. Mengapa? Karena ada persyaratan baru yang sangat berguna untuk mematangkan hubungan calon pengantin. Pemerintah DKI Jakarta telah meluncurkan program konseling dan pemeriksaan kesehatan bagi pasangan yang ingin menikah sejak tahun 2017.

Selain mengikuti sesi konseling, calon pasangan juga diwajibkan untuk menyertakan bukti bahwa mereka telah melakukan vaksin Tetanus Toksoid (TT). Namun, masih ada aturan baru lagi yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat menikah. Kira-kira apa ya?

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, starting from 2020, salah satu syarat menikah adalah mengikuti Program Bimbingan Pranikah. Program ini merupakan hasil kerja sama dari beberapa kementerian seperti Kementerian PMK, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Apa itu Program Bimbingan Pranikah? Dalam program ini, pasangan calon pengantin akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat tentang agama, kesehatan fisik, dan juga kesehatan mental. Sebagai persyaratan menikah, pasangan diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit terdekat. Tidak hanya mengenai kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Selanjutnya, pasangan juga harus mengikuti sesi konseling untuk mendapatkan bekal pengetahuan seputar pernikahan. Program ini menjadi wajib bagi para calon pengantin dengan durasi sekitar 3 bulan, sampai semua materi bimbingan selesai disampaikan. Jika ada salah satu pasangan yang tidak lulus dalam bimbingan tersebut, maka sayangnya mereka tidak dapat melangsungkan pernikahan.

Bagi pasangan yang berhasil menyelesaikan program ini, mereka akan mendapatkan sertifikat dan dapat melanjutkan persiapan pernikahan lainnya. Nah, apa sih manfaat dari Program Bimbingan Pranikah ini?

Bimbingan pranikah tidak hanya memberikan bekal pengetahuan agama, tetapi juga tentang kesehatan reproduksi dan kondisi tubuh saat hamil. Hal ini sangat penting agar anak-anak yang dilahirkan dari pernikahan tersebut dapat lahir dengan sehat. Selain itu, bimbingan ini juga bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang sering terjadi akibat minimnya pengetahuan.

Selama program ini, para pasangan juga diberikan pemahaman tentang kesehatan alat reproduksi dan berbagai penyakit berbahaya yang mungkin dialami oleh suami, istri, bahkan anak-anak seperti stunting. Dengan bekal pengetahuan yang cukup, pernikahan tidak hanya menjadi pengikat hubungan di mata agama dan negara, tetapi juga sebagai persiapan matang untuk membangun keluarga yang bahagia.

Memang, syarat menikah saat ini membutuhkan sedikit waktu dan usaha. Tetapi syarat ini sangatlah penting untuk masa depan calon pengantin. Jangan sampai kita malas memenuhi persyaratan menikah yang diberlakukan saat ini. Mari kita ambil kesempatan ini untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki ikatan suci pernikahan.

(HK Tower Ballroom)
TAGS
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang